Monday, February 22, 2010

Macam-macam Do'a Ruku'

Di dalam rukun ini beliau Nabi Muhammad SAW.  mengucapkan bermacam-macam dzikir dan do'a. :

1. Sub-haana robbiyal'azhiim. (3x).
(Ahmad, Abu Dawud, Ibnu Majah, Daroqutni, Thohawi, Al-Bazzar dan Ath-Thobroni dari tujuh sahabat). artinya : Maha Suci Robbku Yang Maha Agung.

Kadangkala beliau SAW. mengulangnya lebih banyak dari pada (3x) itu. Dan sesekali beliau s.a.w. banyak sekali mengulang-ulangnya pada waktu melakukan sholat lail (malam), sehingga lama ruku'nya hampir mendekati lama berdirinya, dimana beliau membaca tiga surat yang panjang, yaitu Al-Baqoroh, An-Nisa' dan Ali Imran yang diselang-selangi dengan do'a dan istighfar.

2. Subhaana robbiyal'azhiimi wabihamdiHh. (3x).
(Abu Dawud, Daroqutni, Ahmad Thobroni dan Baihaqi --->sahih).
artinya : Maha Suci Robbku Yang Maha Agung, dan aku memujiNYA.


3. Subbuuhun-qudduusur-Robbul-malaa-ikati warruuh.
artinya : Maha Suci dan Pemberi Berkat, Tuhan Malaikat dan Ruh (Muslim dan Abu 'Uwanah).

4. Sub-haanakallooHhumma wabihamdik, AllooHhummagh-firlii.
artinya : Maha Suci Engkau Ya ALLAH, dan Aku memujiMU, Ya ALLAH ampunilah aku.
Beliau SAW. banyak membaca dzikir dan do'a ini di dalam ruku' dan sujudnya. Di sini, beliau menta'wilkan Al-Qur'an. (Bukhori dan Muslim).
Yang dimaksudkan dengan menta'wilkan Al-Qur'an dalam hadist ini adalah : Maka bertasbihlah dengan memuji Rabbmu dan mohonlah ampun kepada-Nya. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penerima taubat. (QS. 110:3)

5. AllooHhumma-laka roka'tu, wa aaman-tu, walaka aslamtu, an-ta robbii, khosya'a laka syam'ii wabashorii wamukh-khii wa'azhomii, wafii-riwayatiw-wa'azhomii wa'ashobii wamas-taqollat-bihi qodamii lillaaHhi robbil'aalamiin. (Muslim, Abu 'Uwanah, Thohawi dan Daroquthni).
artinya : Ya ALLAH, kepadaMU kuserahkan ruku'ku, kepadaMU aku beriman dan kepadaMU aku menyerahkan diriku. Engkaulah Robbku. KepadaMU-lah pendengaran, penglihatan, otak, tulang dan syarafku tunduk. Dan apa yang dibawa oleh kakiku kuserahkan kepada Robb semesta alam.

6. AllooHhumma-laka roka'tu, wa aaman-tu, walaka aslamtu, wa'alaika tawakkaltu, an-ta robbii, khosya'a laka syam'ii wabashorii wadamii walahmii wa'azhomii wa'ashobii, lillaaHhi robbil'aalamiin. (An-Nasa'i --->sahih).
artinya : Ya ALLAH, kepadaMU kuserahkan ruku'ku, kepadaMU aku beriman dan kepadaMU aku menyerahkan diriku, serta kepadaMU aku bertawakkal. Engkaulah Robbku. Pendengaranku, penglihatanku, darahku, dagingku, tulangku dan syarafku tunduk kepada Robb semesta alam.

7. Sub-haana dzil-jabaruuti wal-malakuuti, wal-kibri-yaa-i wal'azhomah.
(Abu Dawud dan Nasa'i --->sahih).
artinya : Maha Suci Dzat yang memiliki kekuasaan, kerajaan, kebenaran dan keagungan. Dzikir ini diucapkan oleh Rosulullooh SAW. pada waktu sholat lail (malam).

Diriwayatkan bahwa :
RasulullaaHh SAW. menjadikan ruku'nya dan bangkitnya dari ruku', sujudnya dan duduk diantara dua sujud hampir sama lamanya. (HR. Bukhori dan Muslim).