Monday, February 22, 2010

Do'a dan Dzikir dalam Sujud


1. Subhaana Robbiyal a'laa (3x.)
artinya : Maha Sci Robbku Yang Maha Tinggi/Luhur (3x)
(Ahmad, Abu Dawud, Ibnu Majah, Daroquthni, Thohawi,  Bazzar dan Thobroni).
Kadangkala beliau SAW. mengulangnya lebih dari pada itu. (lihat bab ruku').


2. Subhaana robbiyal a'laa wa bihamdiHh (3x.)
artinya : Maha Suci Robbku Yang Maha Tinggi/Luhur dan aku memujiNYA. (3x)
(Abu Dawud, Daruquthni, Ahmad, Thobroni dan Baihaqi).


3. Subbuuhun qudduusun wa Robbul malaa-katu war ruuh.
artinya : Maha Suci dan Pemberi Berkat, Tuhan Malaikat dan Ruh
(Muslim dan Abu 'Uwanah).



4. SubhaanakallooHhumma wabihamdik, AllooHhummagh-firlii.
artinya : Maha Suci Engkau Ya ALLAH, dan Aku memujiMU, Ya ALLAH ampunilah aku.
Beliau SAW. banyak membaca dzikir dan do'a ini di dalam ruku'  dan sujudnya.  Di sini, beliau menta'wilkan Al-Qur'an.
(Bukhori dan Muslim).

Yang dimaksudkan dengan menta'wilkan Al-Qur'an dalam hadist ini adalah : Maka bertasbihlah dengan memuji Rabbmu dan mohonlah ampun kepada-Nya. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penerima taubat. (QS. 110:3)


5. AllooHhumma laka sajad-tu, wa bika aamantu, walaka aslamtu, wa anta Robbii, sajada wajHhii lilladzii kholaqoHhu  wa showwarohu fa ahsana showwarohu, wa syaqqo sam'aHhu wa bashoroHhu fatabaarokallooHhu ahsanul khooliqiin.
artinya : Ya ALLAH, kepadaMU-lah aku bersujud, kepadaMU aku beriman dan kepadaMU-lah aku menyerahkan diriku.  Dan Engkaulah Robbku.  Wajahku bersujud kepada Dzat  yang telah menciptakan dan membentuknya, maka ALLAH sebaik-baiknya pencipta.
(Muslim, Abu 'Uwanah, Thohawi dan Daroquthni).


6. AllooHhummagh-firlii dzambii kullaHhu wa diqqoHhu wa jillaHhu, wa aw-walaHhu wa aakhiroHhu, wa 'alaa niyataHu wa sirroHh.
artinya : Ya ALLAH, ampunilah seluruh dosaku, yang sekecil-kecilnya dan yang sebesar-besarnya, yang pertama dan yang terakhir,  yang terang-terangan dan yang tersembunyi.
(Muslim dan Abu 'Uwanah).


7. Sajadalaka sawaadii wakhayaalii, wa aamana bika fu-waadii,  abuu-u bini'matika 'alayya, haadzii-yadii wamaa janaitu 'alaa nafsii.
artinya : wujudku dan khayalanku bersujud kepadaMU,  hatiku beriman kepadaMU, dengan ni'mat yang Engkau berikan kepadaku aku kembali.  Inilah tanganku menengadah kepadaMU,  memohon ampunan atas dosa yang aku lakukan.  (Ibnu Nashr, Bazzar dan Hakim).


8. Subhaana dzil jabaruuti wal malakuuti,  wal kibri yaa-i wal 'azhomah.
(Abu Dawud dan Nasa'i).
artinya : Maha Suci Engkau Ya ALLAH, Dzat yang memiliki kekuasaan, kerajaan, kebesaran dan keagungan.  Dzikir ini diucapkan oleh RosulullooHh SAW. pada waktu sholat lail (malam).


9. SubhaanakallooHhumma wa bihamdika, Laa ilaaHha illaa anta.
artinya : Maha Suci Engkau Ya ALLAH, dan aku memujiMU.  Tidak ada Robb selain Engkau.
(Muslim, Abu 'Uwanah, Nasa'i dan Nashr).


10. Alloohummagh firlii maa asrortu, wamaa a'lantu.
artinya : Ya ALLAH, ampunilah aku dari apa-apa yang aku sembunyikan  dan yang aku nyatakan.
(Ibnu Abi Syaibah dan Nasa'i).



11. Alloohummaj'al fii qolbii nuuroo, wa fii lisaanii nuuroo, waj'al fiisam'ii nuuroo, waj'al fii bashorii nuuroo, waj'al min tahtii nuuroo, waj'al min fawqii nuuroo, wa'ay-yamiinii nuuroo, wa'ay-yasaarii nuuroo, waj'al amaamii nuuroo, waj'al khol-fii nuuroo,  waj'al fiinafsii nuuroo, wa-a'zhimlii nuuroo.
artinya : Ya ALLAH, berilah cahaya ke dalam hatiku, dan cahaya kedalam lisanku, berilah cahaya kedalam pendengaranku,  berilah cahaya kedalam penglihatanku, berilah cahaya dari bawahku,  berilah cahaya dari atasku, cahaya dari samping kananku,  cahaya dari samping kiriku, dan , berilah cahaya dari depanku,  berilah cahaya dari belakangku, dan berilah cahaya kedalam jiwaku dan  perbanyaklah cahaya bagiku.
(Muslim dan Abu 'Uwanah dan Ibnu Abi Syaibah).


12. AllooHhumma innii a'uu-dzu biri-dlooka min sakhothika,  wa-a'uu-dzu bimu'aafaatika min 'uquubatika,  wa-a'uu-dzu bika min ka, laa uhshii tsanaa-an 'alaika  anta kamaa ats-naita 'alaa nafsik.
artinya : Ya ALLAH, sesungguhnya aku berlindung dengan ridhoMU  dari kemurkaanMU, dan aku berlindung dengan perlindunganMU  dari siksaMU, dan aku berlindung denganMU dariMU.  Aku tidak menghitung-hitung pujian kepadaMU,  Engkau sebagaimana yang Engkau pujikan kepadaMU.
(Muslim dan Abu 'Uwanah dan Ibnu Abi Syaibah).


Diriwayatkan bahwa :
RasulullaaHh SAW. menjadikan ruku'nya dan  bangkitnya dari ruku', sujudnya  dan duduk diantara dua sujud hampir sama lamanya.
(Bukhori dan Muslim).