Tuesday, February 23, 2010

Buraq

Buraq mempunyai dua sayap yang digunakan untuk terbang diantara langit dan bumi, wajahnya seperti wajah manusia, lisannya seperti lisan orang arab, kedua alisnya lebar, kedua tanduknya besar, kedua telinganya tipis diciptakan dari Zabarjud hijau, kedua matanya hitam bagaikan bintang yang bersinar, ubun-ubunnya dari Ya'qut merah, dan ekornya seperti ekor sapi yang dilapisi dengan emas merah.

Dikatakan bahwa keelokan/ kecantikannya bagaikan burung merak, diatas khimar dan dibawah keledai, dinamakan buraq karena larinya dan kecepatannya bagaikan Barqi (kilat).

Ketika Buraq mendekati Nabi agar menungganginya, dia merasa bimbang, Jibril pun berkata: "Demi Tuhanku, tidak menunggangimu selain nabi dari bangsa hasyimiy Al-Abthahiy Al-Quraisyi yaitu Nabi Muhammad bin Abdullah yang memiliki Al-Quran."
Muhammad berkata : "Saya Muhammad bin Abdullah."
Maka naiklah Nabi Muhammad SAW., dan pergilah mereka menuju surga. Setelah sampai di surga Nabi menjatuhkan diri dan bersujud, maka terdengarlah suara yang berseru :  "Angkatlah kepalamu hai Muhammad, hari ini tidak ada ruku' dan sujud, sebaliknya hari ini adalah hisab dan pembalasan, angkatlah kepalamu hai Muhammad dan mintalah kamu, niscaya kamu akan Aku penuhi."
Muhammad berkata : "Tuhanku, apa yang Engkau janjikan padaku tentang umatku?"
ALLAH berfirman : "Aku akan memberimu sesuatu yang engkau ridloi."
Sebagaimana firman-Nya :
"Dan kelak Tuhanmu pasti memberikan karunia-Nya kepadamu, lalu (hati) kamu menjadi puas."
(Q.S. Adh-Dhuha: 5).

Kemudian ALLAH memerintahkan langit agar hujan, maka hujanlah langit dengan sepeti mani seorang laki-laki selama 40 hari dan jadilah air diatas setiap sesuatu 12 dzira' (ukuran panjang dari siku sampai ujung jari), maka tumbuhlah makhluk sebab air tersebut seperti tumbuhnya sayur-sayuran sehingga sempurna jasad mereka semua seperti saat didunia.

Kemudian ALLAH mengganti bumi yang digunakan untuk berbuat maksiat dan dituangkan padanya air panas dari neraka Jahanam, maka datanglah bumi dari emas putih dan dituangkan padanya air dari surga.

Diriwayatkan dari Aisyah ra. ia berkata : "Ya RasulullaaHh, pada hari ALLAH mengganti bumi dengan selain bumi di manakah manusia berada ? "
Nabi SAW. bersabda : "Hai Aisyah, yang engkau tanyakan padaku adalah suatu pertanyaan yang agung, tidak ada orang yang bertanya seperti itu selain engkau, sesungguhnya pada hari itu manusia berada di Shirath."

¤¤¤¤¤¤¤¤¤¤¤

Daqoiqul Akbar Fii Dzikril Jannati Wan-Nar

Karya: Imam Abdirrahim bin Ahmad Al-Qadhiy

Alih Bahasa: Musa Turoichan Al-Qudsiy.