Tuesday, February 23, 2010

Bidadari

Diriwayatkan dari Nabi SAW. beliau bersabda : "ALLAH SWT. menciptakan wajah bidadari dari empat warna, yaitu : putih, hijau, kuning, merah. ALLAH menciptakan tubuhnya dari Za'faran, Misk, Anbar dan Kafur. Rambutnya dari sutra yang halus, mulai dari jari-jari kakinya sampai kelututnya dari Za'faran dan wewangian. Dari kedua lutut sampai payudaranya dari Misk. Dari payudara sampai lehernya dari Anbar. Dan dari leher sampai kepalanya terbuat dari Kafur. Seandainya bidadari itu meludah sekali didunia, maka jadilah (semua air didunia) ini Kasturi. Didadanya tertulis nama suaminya dan nama-nama dari ALLAH SWT. Pada setiap tangan dari kedua tangannya terdapat sepuluh gelang dari emas, sedangkan pada jari-jarinya terdapat sepuluh cincin, dan pada kedua kakinya terdapat sepuluh binggal (gelang kaki) ari Jauhar (permata) dan permata."

Diriwayatkan dari Ibnu Abbas ra. beliau berkata:  "Sesungguhnya Nabi SAW.b ersabda:  "Sesungguhnya didalam surga itu terdapat bidadari-bidadari. Dikatakan kepadanya, namanya 'Aina', ia diciptakan dari empat unsur, yaitu : Misik, Kafur, Anbar dan Za'faran diadoni tanahnya dengan air kehidupan. Seluruh bidadari-bidadari itu sangat merindukan suami-suami mereka. Andai sekali saja bidadari-bidadari itu meludah didunia maka tawarlah lautan tesebut lantaran ludahnya. Dan tertulis pada tengkuknya: "Barang siapa yang suka agar dirinya seperti aku, maka beramal dengan ketaatan kepada Tuhannya."


Diriwayatkan dari Ibnu Mas'ud ra. Beliau berkata : Nabi SAW. bersabda : "Sesungguhnya ketika ALLAH menciptakan surga 'Adn. Dia memanggil malaikat Jibril as. seraya berfirman:  Wahai Jibril, berangkatlah engkau ke surga 'Adn dan lihatlah apa yang telah aku ciptakan untuk hamba-hambaKu dan wali-waliKu. Maka berangkatlah malaikat Jibril ke surga 'Adn dan mengelilingi surga tersebut. Maka salah seorang bidadari dari penghuni istana-istana surga yang masih perawan dan matanya bersinar-sinar memuliakannya, lalu bidadari itu tersenyum pada malaikat Jibril, maka jadi teranglah surga 'Adn karena gigi-giginya. Lalu malaikat Jibril bersujud, ia menyangka cahaya itu berasal dari Nur Tuhan Yang Maha Mulia. Maka bidadari itu memanggil malaikat Jibril. "Wahai makhluk yang dipercayai ALLAH, tahukah engkau untuk siapa aku diciptakan?" Malaikat Jibril menjawab : "Tidak" Kemudian bidadari itu berkata: "Sesungguhnya aku ini diciptakan oleh ALLAH untuk orang yang memilih ridho ALLAH SWT. dari pada mengumbar hawa nafsunya."

¤¤¤¤¤¤

Daqoiqul Akbar Fii Dzikril Jannati Wan-Nar

Karya: Imam Abdirrahim bin Ahmad Al-Qadhiy

Alih Bahasa: Turoichan Al-Qudsiy