Sunday, February 21, 2010

Kesaksian Iblis

Ketika kami sedang bersama RasulullaaHh SAW. di kediaman seorang sahabat Anshar,
tiba-tiba terdengar panggilan seseorang dari luar rumah :
"Wahai penghuni rumah, bolehkah aku masuk? Sebab kalian akan membutuhkanku."

RasulullaaHh SAW. bersabda :
"Tahukah kalian siapa yang memanggil?"
Kami menjawab : "ALLAH dan Rasul-Nya yang lebih tahu".
 Beliau melanjutkan, "Itu iblis, laknat ALLAH bersamanya". 
 Umar bin Khattab ra. berkata : "izinkan aku membunuhnya wahai RasulullaaHh".


Nabi menahannya :
"Sabar wahai Umar, bukankah kamu tahu bahwa ALLAH memberinya kesempatan
hingga hari kiamat? Lebih baik bukakan pintu untuknya, sebab dia telah diperintahkan untuk ini,
pahamilah apa yang hendak ia katakan dan dengarkan dengan baik." 
 Ibnu Abbas ra. berkata : pintu lalu dibuka, ternyata dia seperti seorang kakek yang cacat satu matanya.
Di janggutnya terdapat 7 helai rambut seperti rambut kuda, taringnya terlihat seperti taring babi,
bibirnya seperti bibir sapi.
Iblis berkata :
"Salam untukmu Muhammad. Salam untukmu para hadirin"
 RasulullaaHh SAW. lalu menjawab : "Salam hanya milik ALLAH SWT. Sebagai makhluk terlaknat,
apa keperluanmu?"
Iblis menjawab : "Wahai Muhammad, aku datang ke sini bukan atas kemauanku, namun karena terpaksa". 
"Siapa yang memaksamu?" Sabda Nabi Muhammad SAW.
"Seorang malaikat utusan ALLAH mendatangiku dan berkata: ALLAH SWT memerintahkanmu untuk
mendatangi Muhammad sambil menundukkan diri. Beritahu Muhammad tentang caramu dalam menggoda
manusia. Jawablah dengan jujur semua pertanyaannya. Demi kebesaran ALLAH, andai kau berdusta
satu kali saja, maka ALLAH akan jadikan dirimu debu yang ditiup angin". 
"Oleh karena itu aku sekarang mendatangimu. Tanyalah apa yang hendak kau tanyakan. jika aku berdusta,
aku akan dicaci oleh setiap musuhku. Tidak ada sesuatu pun yang paling besar menimpaku daripada
cacian musuh".
*Orang yang Dibenci Iblis*
RasulullaaHh SAW. lalu bertanya kepada Iblis :
"Kalau kau benar jujur, siapakah manusia yang paling kau benci?"
Iblis segera menjawab :
"Kamu, kamu dan orang sepertimu adalah mahkluk ALLAH yang paling aku benci."
"Siapa selanjutnya?" tanya RasulullaaHh SAW.
"Pemuda yang bertakwa yang memberikan dirinya mengabdi kepada ALLAH SWT."
"Lalu siapa lagi?" tanya RasulullaaHh SAW.
"Orang Alim dan wara’ (Loyal)"
"Lalu siapa lagi?" tanya RasulullaaHh SAW.
"Orang yang selalu bersuci."
"Siapa lagi?" tanya RasulullaaHh SAW.
"Seorang fakir yang sabar dan tak pernah mengeluhkan kesulitannnya kepada orang lain."
"Apa tanda kesabarannya?" tanya RasulullaaHh SAW.
" Wahai Muhammad, jika ia tidak mengeluhkan kesulitannya kepada orang lain selama 3 hari, ALLAH
akan memberi pahala orang-orang yang sabar".
"Selanjutnya apa?" tanya RasulullaaHh SAW.
"Orang kaya yang bersyukur"
"Apa tanda kesyukurannya?" tanya RasulullaaHh SAW.
"Ia mengambil kekayaannya dari tempatnya, dan mengeluarkannya juga dari tempatnya."
"Orang seperti apa Abu Bakar menurutmu?" tanya RasulullaaHh SAW.
"Ia tidak pernah menurutiku di masa jahiliyah, apalagi dalam Islam."
"Umar bin Khattab?" tanya RasulullaaHh SAW.
"Demi ALLAH setiap berjumpa dengannya aku pasti kabur."
"Usman bin Affan?" tanya RasulullaaHh SAW.
"Aku malu kepada orang yang malaikat pun malu kepadanya."
"Ali bin Abi Thalib?" tanya RasulullaaHh SAW.
"Aku berharap darinya agar kepalaku selamat, dan berharap ia melepaskanku dan aku melepaskannya.
Tetapi ia tak akan mau melakukan itu." (Ali bin Abi Thalib selau berdzikir terhadap ALLAH SWT)
* Amalan yang Dapat Menyakiti Iblis*
"Apa yang kau rasakan jika melihat seseorang dari umatku yang hendak sholat?"
tanya RasulullaaHh SAW.
"Aku merasa panas dingin dan gemetar."
"Kenapa?" tanya RasulullaaHh SAW.
"Sebab, setiap seorang hamba bersujud 1x kepada ALLAH, ALLAH mengangkatnya 1 derajat."
"Jika seorang umatku berpuasa?" tanya RasulullaaHh SAW.
"Tubuhku terasa terikat hingga ia berbuka."
"Jika ia berhaji?" tanya RasulullaaHh SAW.
"Aku seperti orang gila."
"Jika ia membaca Alquran?" tanya RasulullaaHh SAW.
"Aku merasa meleleh laksana timah di atas api."
"Jika ia bersedekah?" tanya RasulullaaHh SAW.
"Itu sama saja orang tersebut membelah tubuhku dengan gergaji."
"Mengapa bisa begitu?" tanya RasulullaaHh SAW.
"Sebab dalam sedekah ada 4 keuntungan baginya. yaitu keberkahan dalam hartanya, 
hidupnya disukai, sedekah itu kelak akan menjadi hijab antara dirinya dengan api neraka dan
segala macam musibah akan terhalau dari dirinya."
"Apa yang dapat mematahkan pinggangmu?" tanya RasulullaaHh SAW.
"Suara kuda perang di jalan ALLAH."
"Apa yang dapat melelehkan tubuhmu?" tanya RasulullaaHh SAW.
"Taubat orang yang benar-benar bertaubat.(Taubatan Nashuuhah)"
"Apa yang dapat membakar hatimu?" tanya RasulullaaHh SAW.
"Istighfar di waktu siang dan malam."
"Apa yang dapat mencoreng wajahmu?" tanya RasulullaaHh SAW.
"Sedekah yang diam – diam."
"Apa yang dapat menusuk matamu?" tanya RasulullaaHh SAW.
"Sholat fajar"
"Apa yang dapat memukul kepalamu?" tanya RasulullaaHh SAW.
"Saalat berjamaah."
"Apa yang paling mengganggumu?" tanya RasulullaaHh SAW.
"Majelis para ulama."
"Bagaimana cara makanmu?" tanya RasulullaaHh SAW.
"Dengan tangan kiri dan jariku."
"Dimanakah kau menaungi anak – anakmu di musim panas?" tanya RasulullaaHh SAW.
"Di bawah kuku manusia."
*Manusia yang Menjadi Teman Iblis*
Nabi lalu bertanya: "Siapa temanmu wahai Iblis?"
"Pemakan riba"
"Siapa sahabatmu?" tanya RasulullaaHh SAW.
"Pezina"
"Siapa teman tidurmu?" tanya RasulullaaHh SAW.
"Pemabuk"
"Siapa tamumu?" tanya RasulullaaHh SAW.
"Pencuri"
"Siapa utusanmu?"
"Tukang sihir"
"Apa yang membuatmu gembira?" tanya RasulullaaHh SAW.
"Bersumpah dengan cerai"
"Siapa kekasihmu?" tanya RasulullaaHh SAW.
"Orang yang meninggalkan sholat Jum’at"
"Siapa manusia yang paling membahagiakanmu?" tanya RasulullaaHh SAW.
"Orang yang meninggalkan sholatnya dengan sengaja"
*Iblis Tidak Berdaya di Hadapan Orang Ikhlas*
RasulullaaHh SAW. lalu bersabda :
"Segala puji bagi ALLAH yang telah membahagiakan umatku dan menyengsarakanmu."
Iblis segera menimpali :
" tidak, tidak. Tak akan ada kebahagiaan selama aku hidup hingga hari akhir.

Bagaimana kau bisa berbahagia dengan umatmu, sementara aku bisa masuk ke dalam aliran darah
mereka dan mereka tak bisa melihatku.
Demi yang menciptakan diriku dan memberikan aku kesempatan hingga hari akhir, aku akan
menyesatkan mereka semua. Baik yang bodoh, atau yang pintar, yang bisa membaca dan tidak bisa
membaca, yang durjana dan yang shaleh, kecuali hamba ALLAH yang ikhlas."
"Siapa orang yang ikhlas menurutmu?" tanya RasulullaaHh SAW.
"Tidakkah kau tahu wahai Muhammad, bahwa barang siapa yang menyukai emas dan perak,
ia bukan orang yang ikhlas. Jika kau lihat seseorang yang tidak menyukai dinar dan dirham,
tidak suka pujian dan sanjungan, aku bisa pastikan bahwa ia orang yang ikhlas, maka aku meninggalkannya.
Selama seorang hamba masih menyukai harta dan sanjungan dan hatinya selalu terikat dengan kesenangan
dunia, ia sangat patuh padaku."
*Iblis Dibantu oleh 70.000 anak – anaknya*
"Tahukah kamu Muhammad, bahwa aku mempunyai 70.000 anak. Dan setiap anak memiliki
70.000 syaithan. Sebagian ada yang aku tugaskan untuk mengganggu ulama. Sebagian untuk
menggangu anak-anak muda, sebagian untuk menganggu orang-orang tua, sebagian untuk mengganggu 
wanita-wanita tua, sebagian anak-anakku juga aku tugaskan kepada para Zahid.
Aku punya anak yang suka mengencingi telinga manusia sehingga ia tidur pada sholat berjamaah.
Tanpanya, manusia tidak akan mengantuk pada waktu sholat berjamaah.
Aku punya anak yang suka menaburkan sesuatu di mata orang yang sedang mendengarkan ceramah
ulama hingga mereka tertidur dan pahalanya terhapus.
Aku punya anak yang senang berada di lidah manusia. Jika seseorang melakukan kebajikan lalu ia
beberkan kepada manusia, maka 99% pahalanya akan terhapus.
Pada setiap seorang wanita yang berjalan, anakku dan syaithan duduk di pinggul dan pahanya,
lalu menghiasinya agar setiap orang memandanginya. "
Syaithan juga berkata, "keluarkan tanganmu", lalu ia mengeluarkan tangannya lalu syaithan pun menghiasi
kukunya. Mereka, anak-anakku selalu menyusup dan berubah dari satu kondisi ke kondisi lainnya, 
dari satu pintu ke pintu yang lainnya untuk menggoda manusia hingga mereka terhempas dari keikhlasan
mereka.
Akhirnya mereka menyembah ALLAH tanpa ikhlas, namun mereka tidak merasa.
Tahukah kamu, Muhammad? bahwa ada rahib yang telah beribadat kepada ALLAH selama 70 tahun.
Setiap orang sakit yang didoakan olehnya, sembuh seketika. Aku terus menggodanya hingga ia berzina,
membunuh dan kufur. "
* Cara Iblis Menggoda*
"Tahukah kau Muhammad, dusta berasal dari diriku? Akulah makhluk pertama yang berdusta.
Pendusta adalah sahabatku. barangsiapa bersumpah dengan berdusta, ia kekasihku.
Tahukah kau Muhammad? Aku bersumpah kepada Adam dan Hawa dengan nama ALLAH bahwa
aku benar-benar menasihatinya. Sumpah dusta adalah kegemaranku. Ghibah (gosip) dan
Namimah (adu domba) kesenanganku. Kesaksian palsu kegembiraanku.
Orang yang bersumpah untuk menceraikan istrinya ia berada di pinggir dosa walau hanya sekali
dan walaupun ia benar. Sebab barang siapa membiasakan dengan kata-kata cerai, isterinya
menjadi haram baginya. Kemudian ia akan beranak cucu hingga hari kiamat. Jadi semua anak-anak zina
dan ia masuk neraka hanya karena satu kalimat, Cerai.
Wahai Muhammad, umatmu ada yang suka mengulur ulur sholatnya. Setiap ia hendak berdiri
untuk sholat, aku bisikkan padanya waktu masih lama, kamu masih sibuk, lalu ia menundanya
hingga ia melaksanakan sholat di luar waktu, maka sholat itu dipukulkannya kemukanya.
Jika ia berhasil mengalahkanku, aku biarkan ia sholat. Namun aku bisikkan ke telinganya
‘lihat kiri dan kananmu’, ia pun menoleh. Pada saat itu aku usap dengan tanganku dan kucium keningnya
serta aku katakan ’sholatmu tidak sah’. Bukankah kamu tahu Muhammad, orang yang banyak
menoleh dalam sholatnya akan dipukul.
Jika ia sholat sendirian, aku suruh dia untuk bergegas. Ia pun sholat seperti ayam yang mematuk beras.
Jika ia berhasil mengalahkanku dan ia sholat berjamaah, aku ikat lehernya dengan tali, hingga ia
mengangkat kepalanya sebelum imam, atau meletakkannya sebelum imam. Kamu tahu bahwa
melakukan itu batal sholatnya dan wajahnya akan diubah menjadi wajah keledai.
Jika ia berhasil mengalahkanku, aku tiup hidungnya hingga ia menguap dalam sholat. Jika ia tidak menutup
mulutnya ketika menguap, syaithan akan masuk ke dalam dirinya, dan membuatnya menjadi bertambah
serakah dan gila dunia. Dan ia pun semakin taat padaku.
Kebahagiaan apa untukmu, sedangkan aku memerintahkan orang miskin agar meninggalkan sholat.
Aku katakan padanya, "kamu tidak wajib sholat, sholat hanya wajib untuk orang yang berkecukupan
dan sehat. Orang sakit dan miskin tidak. Jika kehidupanmu telah berubah baru kau sholat." 

aku pun mati dalam kekafiran. Jika ia mati sambil meninggalkan sholat maka ALLAH akan menemuinya
dalam kemurkaan.
Wahai Muhammad, jika aku berdusta ALLAH akan menjadikanku debu. Wahai Muhammad,
apakah kau akan bergembira dengan umatmu padahal aku mengeluarkan seperenam mereka dari Islam?"
*10 Permintaan Iblis kepada ALLAH SWT*
"Berapa yang kau pinta dari Tuhanmu?" tanya RasulullaaHh SAW.
"10 macam"
"Apa saja?" tanya RasulullaaHh SAW.
"Aku minta agar ALLAH membiarkanku berbagi dalam harta dan anak manusia, ALLAH mengizinkan.
ALLAH berfirman, "Berbagilah dengan manusia dalam harta dan anak. Dan janjikanlah mereka,
tidaklah janji setan kecuali tipuan." (QS Al-Isra :64) Harta yang tidak dizakatkan, aku makan darinya.

Aku juga makan dari makanan haram dan yang bercampur dengan riba. Aku juga makan dari makanan
yang tidak dibacakan nama ALLAH.
Aku minta agar ALLAH membiarkanku ikut bersama dengan orang yang berhubungan dengan istrinya
tanpa berlindung dengan ALLAH. Maka setan ikut bersamanya dan anak yang dilahirkan akan sangat patuh
kepada syaithan.
Aku minta agar bisa ikut bersama dengan orang yang menaiki kendaraan bukan untuk tujuan yang halal.

Aku minta agar ALLAH menjadikan kamar mandi sebagai rumahku. Aku minta agar ALLAH menjadikan
pasar sebagai masjidku. Aku minta agar ALLAH menjadikan syair sebagai Quranku.
Aku minta agarALLAH menjadikan pemabuk sebagai teman tidurku. Aku minta agar ALLAH
memberikanku saudara,maka Ia jadikan orang yang membelanjakan hartanya untuk maksiat
sebagai saudaraku. ALLAH berfirman :
"Orang – orang boros adalah saudara – saudara syaithan. "
(QS Al-Isra : 27)
Wahai Muhammad, aku minta agar ALLAH membuatku bisa melihat manusia sementara mereka
tidak bisa melihatku. Dan aku minta agar ALLAH memberiku kemampuan untuk mengalir dalam aliran
darah manusia. ALLAH menjawab, "silahkan", aku bangga dengan hal itu hingga hari kiamat.
Sebagian besar manusia bersamaku di hari kiamat.

Iblis berkata :
"Wahai Muhammad, aku tak bisa menyesatkan orang sedikitpun, aku hanya bisa membisikan dan
menggoda."
Jika aku bisa menyesatkan, tak akan tersisa seorangpun. Sebagaimana dirimu, kamu tidak bisa
memberi hidayah sedikitpun, engkau hanya rasul yang menyampaikan amanah. Jika kau bisa memberi
hidayah, tak akan ada seorang kafir pun di muka bumi ini. Kau hanya bisa menjadi penyebab untuk
orang yang telah ditentukan sengsara. Orang yang bahagia adalah orang yang telah ditulis bahagia sejak 
i perut ibunya. Dan orang yang sengsara adalah orang yang telah ditulis sengsara semenjak dalam
kandungan ibunya.
Rasulullah SAW lalu membaca ayat :
"mereka akan terus berselisih kecuali orang yang dirahmati oleh ALLAH SWT"
(QS Hud :118 – 119).
Juga membaca :
" Sesungguhnya ketentuan ALLAH pasti berlaku"
(QS Al-Ahzab: 38)
Iblis lalu berkata :
" Wahai Rasul ALLAH takdir telah ditentukan dan pena takdir telah kering. Maha Suci ALLAH
yang menjadikanmu pemimpin para nabi dan rasul, pemimpin penduduk surga, dan yang telah menjadikan 
aku pemimpin makhluk-makhluk celaka dan pemimpin penduduk neraka. Aku si celaka yang terusir.
Ini akhir yang ingin aku sampaikan kepadamu. Dan aku tak berbohong."

source : darisrajih