Tuesday, February 23, 2010

Keadaan Bumi dan Alam Kubur

Anas bin Malik berkata : "Sesungguhnya bumi berseru setiap hari dengan 10 kalimat :
  1. Hai anak Adam, engkau berjalan diatas punggungku dan engkau akan disiksa didalam perutku.
  2. Engkau berbuat maksiat diatas punggungku dan engkau akan disiksa didalam perutku.
  3. Engkau tertawa ria diatas punggungku dan engkau akan menangis didalam perutku.
  4. Engkau makan barang haram diatas punggungku dan engkau akan dimakan cacing didalam perutku.
  5. Engkau bergembira diatas punggungku dan engkau akan bersusah hati didalam perutku.
  6. Engkau menumpuk-numpuk barang yang haram diatas punggungku dan engkau akan dihancurkan didalam perutku.
  7. Engkau sombong diatas punggungku dan engkau akan terhina didalam perutku.
  8. Engkau berjalan dengan riang diatas punggungku dan engkau akan diam dengan susah hati didalam perutku.
  9. Engkau berjalan dengan bahaya terang (terang) diatas punggungku dan engkau berada dalam kegelapan didalam perutku.
  10. Engkau berjalan berjamaah (berombongan) diatas punggungku dan engkau akan duduk sendiri didalam perutku.

Diterangkan dalam suatu hadits : Sesungguhnya alam kubur memanggil-manggil setiap hari 3 kali :
  1. Aku adalah tempat sendirian, yang penuh dengan kesusahan, kalajengking dan ular.
  2. Aku adalah rumah kegelapan.
  3. Aku adalah rumah cacing dan apa yang engkau persiapkan untukku.
Ada yang mengatakan, bahwasanya setiap hari alam kubur berseru 5 kali :
  1. Aku adalah tempat yang sendirian (sunyi), maka ramaikanlah aku dengan bacaan Al-Quran.
  2. Aku adalah rumah yang gelap, maka terangilah aku dengan shalat malam.
  3. Aku adalah rumah tanah (debu), maka buatlah alas, yaitu: amal yang shaleh.
  4. Aku adalah rumah ular yang berbisa, maka bawalah penawar (obat), yaitu : BismillaaHhirrohmaanirrohiim dan tetesan air mata (karena takut kepada ALLAH).
  5. Aku adalah rumah tempat Munkar dan Nakir bertanya, maka perbanyaklah mengucapkan Laa ilaaHha illallooHh MuhammadurrosuulullooHh agar engkau bisa menjawab pertanyaannya.

¤¤¤¤¤¤

Daqoiqul Akbar Fii Dzikril Jannati Wan-Nar

Karya: Imam Abdirrahim bin Ahmad Al-Qadhiy

Alih Bahasa: Turoichan Al-Qudsiy